Kesehatan Mental

Sahabat Jiwa hadir sebagai tempat yang aman dan nyaman bagi remaja dan dewasa muda untuk membicarakan urusan kesehatan mentalnya.

Kesehatan mental masih merupakan topik yang menyandang berbagai stigma di masyarakat Indonesia. Pengetahuan tentang beberapa aspek kesehatan mental seperti depresi sudah mulai sering dibicarakan, namun keinginan untuk mendapatkan bantuan profesional (medis maupun psikis) masih seringkali terhalang oleh berbagai stigma. Belum lagi gangguan kesehatan mental seperti skizofrenia yang bisa membuat penderitanya mengalami delusi dan kadang berperilaku agresif, sehingga membuat orang mencapnya sebagai “gila” dan kemudian bahkan melakukan pemasungan.

Berbagai pihak badan kesehatan di Indonesia sudah memiliki catatan data adanya peningkatan kondisi penyakit mental, terutama di populasi masyarakat perkotaan. Masalah kesehatan mental juga banyak terjadi di kalangan remaja dan dewasa muda, yang mana akan berpengaruh besar akan masa depannya. Kalian yang masih remaja dan dewasa muda adalah generasi yang akan menggantikan generasi sekarang di masa datang, sehingga penting sekali adanya kesadaran terhadap kesehatan mental di generasi kalian ini.

Ada beberapa masalah kesehatan mental yang seringkali menjadi kendala dalam mengarungi kehidupan masa remaja dan dewasa muda, selain depresi dan skizofrenia yang tadi sudah sempat disinggung, juga gangguan kecemasan (anxiety), penerimaan diri dan bullying. Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Keduanya saling terkait satu sama lainnya.

Kami hadir disini untuk mencoba membantu dan menyokong kalian ketika melalui masa-masa transisi dari usia remaja ke dewasa muda, dan ketika menghadapi berbagai isu kesehatan mental di rentang usia tersebut.